Pertanyaan? 0822 1999 5001

Pemanfaatan Adsorbent

Pemanfaatan Adsorbent

Judul Penelitian
Pemanfaatan Adsorbent dari Mineral Zeolit dan Karbon Aktif untuk Mereduksi Limbah Industri (Studi Kasus di Kabupaten Sukabumi) 

Nama Peneliti (Ketua TIM)
Wahid Sugiman

Ringkasan Kegiatan
Limbah pengolahan emas khususnya pertambangan rakyat banyak dibuang ke lingkungan tanpa pengetahuan dan ketrampilan dalam pengelolaan limbahnya. Akibatnya lingkungan menjadi tercemar dan berdampak secara serius kepada kesehatan masyarakat. Hal ini disebabkan karena kurangnya pengetahuan dan ketrampilan terkait pengolahan emas dan pengelolaan lingkungann yang benar khususnya penggunaan reagen merkuri dan sianida serta kurangnya pembinaan dan pengawasan dari Pemerintah. Hal ini disebabkan perijinan yang belum kunjung selesai pasca terbitnya Undang-Undang no 4 tahun 2009 membuat Pemerintah dan masyarakat abai terhadap banyaknya limbah yang tidak terkelola yang dibuang ke lingkungan tanpa pengelolaan yang memenuhu baku mutu lingkungan. Karena pengetahuan dan ketrampilan masyarakat dalam mengolah emas masih sangat tradisionil, teknologi yang digunakan dalam megolah emas masih menggunakan merkuri dimana proses ini sangat tidak direkomendasikan pada proses pengolahan emas karena efisiensi prosesnya yang rendah hanya sekitar 40 % dan menimbulkan dampak kesehatan bagi masyarakat dan pencemaran lingkungan.
Kegiatan ini dilakukan dalam rangka memberikan edukasi berupa pengetahuan tentang bahaya merkuri dan sianida bagi kesehatan masyarakat dan pencemaran terhadap lingkungan baik dalam waktu yang singkat ataupun bertahun-tahun baru dirasakan, serta dan ketrampilan kepada masyarakat untuk dapat secara mandiri melakukan pengolahan air limbah proses hasil pengolahan emas. 
 

Whatsapp